Ketentuan Tugas TIK

Untuk memperjelas apa yang harus dilakukan siswa SMA Negeri 1 Baubau yang saya ajar pada Tugas Onlinenya, maka berikut saya menyampaikan beberapa ketentuan yang berkaitan dengan tugas tersebut. Tulisan ini akan saya perbaharui sesuai perubahan ketentuan yang saya berikan kepada siswa. Sehingga siswa diharapkan sebelum mengerjakan tugas TIK harus membaca tulisan ini lagi. Tulisan ini juga berguna bagi saya sebagai arsip.

OneCyberTeam

Ketentuan Tugas 2:

  1. Login sebagaimana biasa pada tugas.wujuddin.web.id atau siswa pengguna HP disarankan menggunakan alamat tugas.wujuddin.web.id/m
  2. Klik Tugas 2
  3. Tema Tugas adalah Perintah dengan Keyboard pada Tab Home dan Insert, sehingga pada kotak Perintah, tuliskan pada MS Excel yang dapat dilakukan dengan keyboard khusus pada 2 tab yaitu tab HOME dan tab INSERT. Contoh Alt+H   ; Alt+H,1   ; Alt+H,3,D   ; Alt+N,W   ; Alt+N,V   ;  Alt+N,V,T   dsb.
  4. Pada kotak Makna Perintah, tuliskan makna dari perintah yang kamu tuliskan di kotak Perintah. Contoh : Mengaktifkan Tab Home (Excel 2007), Membuat efek garis bawah ganda pada teks (Excel 2007), Menyisipkan/membuat WordArt (Excel 2007) dll
  5. Perhatikan masa berlaku tugas 2 dan jumlah jawaban yang dapat dikirim setiap siswa, yang saya posting di OneCyberTeam.

Ketentuan Tugas 3 TIK

Secara umum ketentuan Tugas 3 TIK sama dengan ketentuan Tugas 2 TIK. Hanya pada Tugas 3 TIK ini, siswa diminta untuk mengirimkan Perintah dengan Keyboard untuk Tab PageLayout, Formulas, Data, Review dan View.

Ketentuan Tugas 4 TIK

  1. Login sebagaimana biasa pada tugas.wujuddin.web.id atau siswa pengguna HP disarankan menggunakan alamat tugas.wujuddin.web.id/m
  2. Klik Tugas 4
  3. Tema Tugas adalah FUNGSI yang terdapat pada Program Pengolah Angka MS Excel terbatas pada 7 kategori yaitu Date & Time; Math & Trig; Statistical; Lookup & Reference; Database; Text; dan Logical
  4. Pada kotak Nama Fungsi, tuliskan nama fungsi#kategori. Nama fungsi ditulis dengan huruf kapital, sedangkan kategori ditulis sesuai ejaan bahasa aslinya. Contoh SUM#Math & Trig ; AVERAGE#statistical ; VLOOKUP#Lookup & Reference ; DCOUNT#Database ; DATEVALUE#Date & Time ; MID#Text dsb.
  5. Pada kotak Bentuk Umum, tuliskan BENTUK UMUM (syntax) dari FUNGSI yang kamu tuliskan di kotak Nama Fungsi. Contoh : Jika di kotak Nama Fungsi dituliskan AVERAGE#Statistical maka di kotak BENTUK UMUM isi dengan AVERAGE(number1;[number2];…). Bentuk umum harus merujuk pada bentuk dan bahasa aslinya yg dapat dilihat pada program Excel.
  6. Mohon diingat Tugas 4 TIK diperiksa secara otomatis sehingga kesalahan penulisan baik pada kotak Nama Fungsi maupun Bentuk Umum mengakibatkan kiriman Anda tidak dinilai.
  7. Perhatikan masa berlaku Tugas 4 TIK dan jumlah jawaban yang dapat dikirim setiap siswa, yang saya posting di OneCyberTeam.

Ketentuan Tugas 5 TIK

  1. Login sebagaimana biasa pada tugas.wujuddin.web.id atau siswa pengguna HP disarankan menggunakan alamat tugas.wujuddin.web.id/m
  2. Klik Tugas 5
  3. Tema Tugas adalah SHORTCUT yang terdapat pada Program Pengolah Angka MS Excel baik kombinasi tombol Ctrl dengan satu tombol lain seperti Ctrl+A, Ctrl+1, Ctrl+PageUp atau tombol fungsi seperti F1, F12 dll. Sehingga pada kotak Shortcut, tuliskan shortcut tanpa spasi.
  4. Pada kotak Makna Shortcut, tuliskan makna dari Shortcut yang kamu tuliskan di kotak Shortcut. Contoh : Jika di kotak Shortcut dituliskan Ctrl+1 maka di kotak Makna Shortcut isi dengan Membuka kotak dialog format sel.
  5. Mohon diingat, walaupun Tugas 5 TIK tidak diperiksa secara otomatis, tetapi penghapusan kiriman tugas yang tidak sesuai dilakukan secara otomatis. Contoh saya akan memberi perintah menghapus semua kiriman Tugas 5 TIK yang Shortcutnya mengandung spasi.
  6. Perhatikan masa berlaku Tugas 5 TIK dan jumlah jawaban yang dapat dikirim setiap siswa, yang saya posting di OneCyberTeam.

About wujuddin

Saya lahir di Kanakea, Maret 24, 1971 Pendidikan formal saya Kimia, tetapi sekarang lebih suka mengajar TIK.

Posted on Februari 4, 2013, in Materi Pelajaran, Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: