HT (Handy Talky) dan Internet

Tulisan ini tidak akan membahas hubungan antara Handy Talky (HT) dengan Internet, tetap hanya berisi percakapan antara saya dengan teman saya. Nama teman saya itu, Sunaryo, tapi titelnya saya tidak tau persis, kemungkinan besar Master Engineering karena mengajar (atau lebih tepatnya dosen di Universitas Sulawesi Tenggara jurusan Teknik). Ada beberapa kemiripan antara saya dengan Pak Sunaryo, beliau tinggalkan Kimia pada tahun pertama kami kuliah (tidak mau menyelesaikan kuliahnya di Kimia, mungkin tidak suka kalau jadi guru Kimia, lebih tertarik pada bidang teknik), makanya saya masih ingat pada buku catatannya waktu kami kuliah dulu, ditulis Nama : Sunaryo; Jurusan : Teknik Kimia. Padahal jurusan kami waktu kuliah bukan Teknik Kimia, tapi karena beliau terobsesi pada bidang teknik makanya ditulis Teknik Kimia (seharusnya Pendidikan Kimia). Sementara saya tinggalkan Kimia (walaupun tidak sepenuhnya) saat saya sudah mengajar Kimia 10 tahun. Kemudian kami sama-sama lebih tertarik bidang teknologi, beliau di teknik bangunan, saya di bidang teknologi informasi (walaupun belajar sendiri, otodidak).

Pada hari Senin tanggal 13 Agustus 2012, beliau menyapa saya via Facebook Chatting, dan percakapan kami bersambung di hari Selasa 14 Agustus 2012. Berikut adalah cuplikan percakapan antara saya dengan Pak Sunaryo, M.Eng.

Catatan: Yang dituliskan di dalam kurung adalah apa yang saya pikirkan selama percakapan berlangsung

 sunaryo Hallo selamat pagi teman”
Lagi dimana?”
wujuddin di sekolah teman, bgmn proyek, lancar semua(Saya tanya demikian, karena memang teman saya ini juga adalah sesorang kontraktor)
sunaryo Belum libur kah ya saya di kampus
Dikampus juga belum libur
wujuddin ngajar di mana?
sunaryo Di teknik unsultra(Salah satu Universitas Swasta di Kota Kendari)
Hallo
wujuddin (hari berikutnya, 14 agt 2012, saya pikir beliau tidak melanjutkan perbincangan)koneksiku putus
sunaryo Kita ngajar dimana teman
wujuddin sman 1 baubau
sunaryo Mantap itu sudah seRtifikasi belum
wujuddin alhamdulillah, sudah, tp sy sertifikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, jd sy guru TIK
sunaryo Ya bagus itu, tapikan ijazah s1 nya kimia
wujuddin ya, sy belajar sendiri TIK, bisa liat websiteku dan website smansa
sunaryo Saya pake bb
wujuddin (mungkin karena beliau tau, bahwa saya tidak punya BlackBerry)bisa klik http://oct2.wujuddin.web.id
sunaryo Saya bisa membuat jaringan internet dirubah menjadi gelombang radio sehingga bisa digunakan untuk berkomunikasi sampai ke eropa hanya menggunakan HT
wujuddin (Mulai muncul…)bagus itu(Saya biasanya sulit memuji, cuma dikuat-kuatkan saja)
sunaryo Klo buka web saya tdk hobi kecuai cari produk barang
wujuddin (Banyak uang berarti teman saya ini)beda selera(sekedar mengalihkan pembicaraan)
sunaryo Itu tadi namanya gateway saya sudah buat di kendari sudah memancar selama 3 tahun
Atau saya bisa akses pake HP
Klo pake laptop bisa juga
Jadi intinya komunikasi gabunan dari bermacam macam alat
wujuddin (Makin detail beliau menjelaskan ‘buatannya’. Beda tidak ‘buatannya’ dengan ‘temuannya’?)dulu internet masuk ke indonesia dari pengguna HT, Amatir Radio Clubnya ITB(Hari gini masih pake HT, justru HT itu di Baubau ini saya tidak pernah liat lagi. Dulu waktu saya masih SD memang benda itu sangat populer, sampai menjadi gaya hidup anak muda maupun orang tua yang bergaya muda. Ada kelas tersendiri bagi orang yang sering ‘main’ HT, tapi itu dulu)
sunaryo Rencana saya mau dirikan pemancar gatewAy di bau bau klo disitu koneksi bagus nanti kita bikijn disitu saja.
wujuddin (Betulkah kira-kira, Baubau membutuhkan?)klw yg bpk buat itu harusx dipatenkan, spy jgn diakui org lain
bisa dijelaskn bgmn pemakai menggunakn itu, apa kelebihan dari komunikasi GSM? sy kayaknya tertarik gunakan(Saya mo tau, apa beliau bisa membandingkan ‘buatannya’ itu dengan teknologi komunikasi yang ada sekarang)
sunaryo Itu sudah berdiri dikota kota seluruh indonesia jadi disetiap kota sudah ada klo di sultra yg ada pomalaa dan kota kendari sumatra hampir semua jawa juga
Jadi dimasing2 kita sudah dibuat pemancarnya terus dimasukan ke internet dari situ semua pemancar bisa digunakan dg HT di masing2 kota jadi dari kota A ke kota B diluar negeri cukup pake HT bukan HP
wujuddin (di Kota-kota tersebut siapa yang buat?)makanya yg bilang apa tdk terbalik, dulu org ITB dari pemakai HT menjadi internet, koq skarang kita mo kembali lagi ke HT, pake pemancar lagi, sementara org dgn 50rb per bulan sdh bisa berinternet 24 jam unlimited dlm 1 bulan, spt yg sy pake skarang berkomunikasi dgn bpk, kayaknya internet jg bisa sampai eropa dan amerika, komunikasi suara jg bisa(Mungkin saja beliau belum pernah baca Buku pelajaran TIK di SMA)
sunaryo Ya tapi klo pake HT bisa dipergunakan oleh orang yg tdk pernah atau tdk bisa menggunakan komputer jadi dia cukup pake HT saja
wujuddin (Seberapa lengkap fitur di HT sampai menjagokan penggunaan HT dibanding dengan komputer?)mungkin di sini mi bedanya SMA dgn perguruan tinggi, soalnya di SMA skarang ada mata pelajaran TIK (komputer dan internet) sedang klw ana sma mo ditanya HT, mereka pasti bingung
Yg sy tau di pelajaran TIK, ada penjelasan bhw di internet org dpt berkomunikasi, mengambil data, gambar ada, suara ada, video ada, apalagi data berupa teks. Itu yg sy suka(fungsi HT paling hanya komunikasi suara)
sunaryo Bukan hanya itu saya bisa main domino dg 4 orang masing2 di arab Belgia dan jakarta termasuk main karaoke on line
Coba buka email dari situ nama emailnya gatewayrapi@yahoo.com dan paswordnya 12345678
Buka dan ambil sofeware nya
Atau ambil di situs rapi
Www rapi nusantara
wujuddin (Ya, main domino, seberapa rumit main domino? Mungkin beliau kira internet hanya antar ruangan saja. Perhatikan pula alamat website yang beliau tuliskan di atas!)di baubau, banyak ana SD main game perang-perangan online (pake internet pasti di warnet), sampai2 dimarahi mamanya krn terlalu asyik sampai lupa waktu
teman main gamenya ada yg di Jepang, ada yg Makassar, ada jg yg pasarwajo, krn pake internet, namanya jg online(Padahal, saya belum pernah duduk berlama-lama di internet bersama ana SD, apalagi main game)
sunaryo Ya tapi klo seorang orang dewasa seperti kita game sudah ga tertarikn kita tertarinya karaoke domino ngobrol bareng banyak orang dll
wujuddin (Serendah itukah fungsi teknologi? Memangnya tidak bisa ngobrolkah di internet? Apa itu teleconfrence?)makanya, ana SD saja dgn internet bisa main perang-perangan dgn org lain di ujung dunia yg lain, apalagi ana smansa, klw saya tdk pernah main game di internet krn sy sdh dewasa
Sunaryo sedang mengetik…

About wujuddin

Saya lahir di Kanakea, Maret 24, 1971 Pendidikan formal saya Kimia, tetapi sekarang lebih suka mengajar TIK.

Posted on Agustus 14, 2012, in Pendidikan, Serba-Serbi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. like this

  2. Sebetulnya sy cukup tertarik dengan cerita ini, krn sy sdang mencari referensi Menggunakan HT Melalui Internet…tp belum juga cukup, sudah selesai pembicaraannya…
    Anyway, Terima kasih…
    Hubungi blog kami di :
    http://www.kampung-seni-yudha-asri.blogspot.com

    Salam Kenal;

    Irfan Murdani

  3. Gmana carnya.dpt aplikasi ht.ak sampai skrag blum bisa.gig.dr purwodadi

  4. Semua ada standartnya, termasuk komunikasi juga ada kelebihan dan kekurangannya. Kalau komunikasi via internet dan hp setahu saya harus tmematuhi uu it yang mengatur penginformasian dan transaksi elektronik, sedangkan komunikasi lewat ht lebih kepada komunikasi ramai, dimana pembicaraan kita berdua sah sah saja didengan oleh kalayak ramai. Oleh karena itu komunikasi dengan ht perlu standar dan kode kode tertentu yang tidak bisa di cerna oleh orang lain. Perlu diketahui terdapat penelitian standar cisco untuk it dan standart baru untuk ht belum ada tetapi sudah ada penelitian yang menghabiskan banyak dana. Sebagai seorang guru saya terkadang memikirkan untuk membuka kelompok belajar malam tetapi percakapan lewat ht karena ditempat saya (sman ngantang malang) komunikasi dengan teleconference besifat mahal, alangkah asyiknya jika terdapat satu ht untuk semisal 5 siswa kemudian mereka ada beberapa kelompok misalnya 6-7 kelompok, malam malam berkomunikasi membahas pr.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: