Tugas Wawancara Siswa X 10

Kelas X 10

Siswa Kls X10

Pertanyaan: Menurut Anda, apakah dampak dari perkembangan teknologi?
Jawab : Salah satu dampak dari perkembangan teknologi adalah meningkatkan kualitas hidup manusia. Sehingga seharusnya perkembangan teknologi lebih mendekatkan manusia kepada sang pencipta. Hal itu sejalan dengan tujuan pendidikan di negara kita.

Pertanyaan : Menurut Anda, mengapa perkembangan teknologi memiliki dampak yang sangat besar terutama di kalangan pelajar?
Jawab : Karena dengan perkembangan teknologi, pola hidup manusia termasuk pelajar akan turut berubah. Siswa akan dimudahkan dalam menjalankan aktivitasnya. Contoh dengan kemajuan teknologi informasi atau internet, siswa akan lebih mudah mencari informasi mengenai materi pelajarannya, berkomunikasi dengan sesama teman dimana halangan jarak dan waktu sudah tidak ada lagi. Kemajuan teknologi pencetakan akan memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan di sekolah.

Pertanyaan : Menurut Anda siapa yang dirugikan atau diuntungkan dari dampak perkembangan teknologi?
Jawab : Setiap kemajuan teknologi seperti dua sisi mata uang. Ada dampak positif tetapi sedikit pula dampak negatif yang dapat ditimbulkannya. Demikian pula halnya, ada pihak yang diuntungkan tetapi ada pula pihak yang dirugikan walaupun pada awalnya teknologi dirancang untuk memudahkan semua umat manusia.
Pihak yang dirugikan adalah orang-orang yang tidak mempunyai pemahaman terhadap pemanfaatan teknologi yang tercipta sehingga dia tidak mampu menggunakan teknologi tersebut. Orang-orang ini selalu kalah bersaing dengan orang lain yang menguasai teknologi dimaksud. Kalaupun dia ingin menggunakan teknologi tersebut, dia selalu harus mengeluarkan biaya untuk membayar orang lain yang mengerti penggunaan teknologi.
Pihak yang diuntungkan dengan perkembangan teknologi, jelas adalah orang-orang yang menguasai atau dapat mengambil manfaat dari teknologi tersebut.

Pertanyaan : Biasanya saat kapan orang menggunakan teknologi?
Jawab : Dalam kehidupan modern saat ini, orang menggunakan teknologi kapan saja. Karena hampir setiap aktivitas manusia ada bagian yang merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi.
Contoh, setiap siswa yang berangkat ke sekolah pasti ada bagian dari kegiatan tersebut yang merupakan pemanfaatan teknologi. Mungkin dia menggunakan kendaraan bermotor, sepeda atau bahkan yang jalan kaki pun tetap menggunakan kemajuan teknologi yaitu sepatu yang dia gunakan.

Pertanyaan : Di lingkungan mana sajakah teknologi sangat berpengaruh?
Jawab
: Di segala lingkungan kehidupan manusia. Di rumah, sekolah, kantor, pasar, tempat rekreasi, bandara sampai WC.

Pertanyaan : Bagaimana untuk mengatasi dampak negatif perkembangan teknologi?
Jawab : Kunci untuk mengatasi dampak negatif perkembangan teknologi adalah kuasai teknologinya serta tingkatkan iman dan taqwa. Kedua unsur di atas tidak boleh ada yang diabaikan. Jika iman dan taqwa kita baik tetapi teknologi tidak kita kuasai, maka kita
akan dilindas oleh teknologi itu sendiri. Sedangkan jika teknologi dikuasai tetapi iman dan taqwa tidak ada maka kita akan menjadi perusak di muka bumi
ini.
Sekali lagi : KUASAI TEKNOLOGINYA, TINGKATKAN IMTAQMU.

Unduh file pdf, Wawancara Kelas X10.

About wujuddin

Saya lahir di Kanakea, Maret 24, 1971 Pendidikan formal saya Kimia, tetapi sekarang lebih suka mengajar TIK.

Posted on April 13, 2010, in Ilmu Pengetahuan, Materi Pelajaran, Opini, Pendidikan, Serba-Serbi and tagged , , . Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. Askum….. terimakasih sbelumnya, kpada pak guru yang telah bsdia mjdi narastmber kami, yang insya Allah jwaban2x kan bgna bagi kami, utamanya mnambah wawasan kami tentang teknologi informasi.wassalam

  2. wah..
    jawabannya bagus2šŸ˜€

  3. dlu tugas gni nda kpikiran tema bagus kyak gni…… bagus adek” klas smakin hebat daripada kakak klasx bxk yg parah….. hahahaha…..

  4. deasy frisca stevania noya

    bapak guru apakah ada keistimewaan utama pada linux?

  5. Bagus sekali Pak Wujud. Saya sangat setuju tentang ilmu yang harus menjadikan iman dan amal kita lebih baik. Semoga sukses selalu!! Aaamiiinn. Kalo boleh tau rata-rata visitor blog Bapak per bulannya berapa?

    Thx. Wass.
    Aria.

    • Hanya sekitar 600 s.d 700 visitor per bulan atau 20 visitor per hari. Bulan tersibuk adlh bln April 2010 sebanyak 2458 visitor dan hari tersibuk pernah tercapai 305 visitor pd tgl 31 Maret 2010 yg lalu. Posting pertama 1 September 2009 berjudul “Selamatkan Mutu Pendidikan Kita Melalui Penilaian”. Saya belajar sendiri tentang blog melalui buku dan menjelajah sendiri di internet. Saya sudah lama dengar tentang blog, tapi baru serius ingin tahu banyak setelah sekolah kami memiliki koneksi internet pada tahun 2009 itu.
      Salam kenal dari kami di Baubau.

  6. Trllu pnjag bech !!!

  7. bagus sekali pak tapi kurang banyak

  8. gemma dara diandra swara

    bagus sekali aq terbantu untuk mengerjakan teks wawancara thank you so much SMA N 1 BAU-BAU. gemma_swara@yahoo.com

  9. Bisa gak pake ” menurut anda “

  10. Postingan ini bermula dari tugas siswa kls X10 dari guru Bahasa Indonesianya. Mereka menyelesaikan tugas itu dengan mewawancarai saya. Jadi posisi saya hanya sebagai penjawab atas pertanyaan yang mereka rumuskan sendiri. Jadi masalah penggunaan ‘menurut Anda’ setiap awal pertanyaan mereka nanti saya sampaikan kepada siswa-siswa tersebut yg sedikit hari lagi sudah sarjana. Bagi saya kemampuan mereka dalam hal wawancara mulai dari menentukan topik, merumuskan pertanyaan, melisankan pertanyaan sampai dengan mengambil pokok-pokok pikiran dari jawaban narasumber sudah sangat hebat, karena saat itu mereka baru kelas 1 SMA. Semoga saja suatu saat nanti di antara mereka ada yang menggantikan Tina Talisa di TVOne atau Najwa Shihab di Metro TV. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: